CLOUD COMPUTING


Definisi

Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan pengendali server utama untuk menjaga data dan aplikasi. Cloud computing memungkinkan konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi dan mengakses file pribadi mereka di setiap komputer dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan penyimpanan data pengolahan sentralisasi, dan bandwidth.

Pada dasarnya, komputasi "awan" pribadi berarti memiliki setiap bagian dari data yang Anda butuhkan untuk setiap aspek kehidupan Anda yang berada di ujung jari Anda dan siap untuk digunakan. Data yang digunakan harus mobile, dipindahtangankan, dan dapat langsung diakses. Kuncinya data memiliki sifat portabel dan interaktif sehingga memiliki kemampuan untuk synch up data ke perangkat Anda, serta akses ke data bersama. Data Bersama adalah data yang kita akses secara online di sejumlah tempat, seperti jaringan sosial, bank, blog, newsroom, masyarakat dibayar, dll

Contoh sederhananya adalah komputasi "awan" email Yahoo, Gmail, Hotmail atau dll. Semua itu hanya membutuhkan koneksi internet dan Anda dapat mulai mengirim email. Server dan perangkat lunak manajemen email semuanya ada di "awan" (internet) dan sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan "awan" Yahoo, Google dll.Konsumen bisa menggunakan software sendiri dan menikmati manfaat dari penyedia layanan "awan" . Permpamaannya adalah, "Jika Anda membutuhkan susu, apakah anda harus membeli sapi terlebih dahulu ?" Semua pengguna atau konsumen butuhkan adalah untuk mendapatkan manfaat menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras komputer seperti mengirim email dll. Hanya untuk mendapatkan manfaat ini (susu) mengapa konsumen harus membeli software (sapi) / hardware?

Contoh penyedia layanan pengiriman dari satu software ke software lainnya


1.SaaS

            adalah software layanan yang kadang - kadang disebut sebagai 'on-demand   software", yang melakukan perangkat lunak model dimana perangkat lunak dan data yang terkait berada pada suatu "awan" . SaaS telah menjadi model pengiriman umum untuk aplikasi bisnis, termasuk akuntansi,kolaborasi, manajemen hubungan pelanggan (CRM), sistem informasi manajemen (MIS), perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), faktur, manajemen sumber daya manusia (HRM), manajemen konten(CM) dan manajemen pelayanan. SaaS telah dimasukkan ke dalam strategi penjualan dari semua perusahaan perangkat lunak perusahaan terkemuka. Salah satu poin penjualan terbesar untuk perusahaan-perusahaan adalah mengurangi biaya dengan dukungan TI hardware outsourcing dan pemeliharaan perangkat lunak yang mendukung ke penyedia SaaS.

2.Utility computing

            adalah pengemasan sumber daya komputasi yang berisi komputasi, storage, dan jasa, sebagai layanan meteran. Model ini memiliki keuntungan yang rendah atau tidak ada biaya awal untuk memperoleh sumber daya komputer, melainkan sumber daya komputasi pada dasarnya menyewa pengemasan ulang dari layanan komputasi ini menjadi dasar pergeseran ke "on demand" computing , perangkat lunak seperti layanan dan model komputasi awan lebih banyak digunakan untuk menyebarkan gagasan komputasi, aplikasi dan jaringan sebagai sebuah layanan.

Keuntungan menggunakan Cloud Computing

1. Mengurangi waktu kerja dan waktu respon dari sebuah aplikasi

Untuk aplikasi yang menggunakan infrastruktur cloud computing dalam menjalankan pekerjaan batch, dapat dengan mudah mengalokasikan 1000 server untuk menyelesaikan sebuah tugas sehingga waktu kerja yang dibutuhkan adalah 1/1000 waktu yang dibutuhkan oleh server tunggal

2. Meminimalkan factor resiko infrastruktur

Divisi IT dalam sebuah perusahaan dapat menggunakan cloud computing untuk mengurangi risiko yang secara konvensional melekat dalam pembelian server fisik dan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Misalnya apakah aplikasi baru atau penambahan pemilihan server baru menjadi lebih baik dari server sebelumnya?

3. Lebih rendah biaya

Kelebihan cloud computing dalam membantu mengurangi biaya untuk memasuki pasar baru (entry market) karena infrastruktur cloud computing disewa dan tidak dibeli maka biaya lebih dapat dikendalikan, bahkan penanaman modal di awal dapat menjadi nol

4. Peningkatan kecepatan Inovasi

Cloud computing dapat membantu untuk meningkatkan laju inovasi yang diwujudkan melalui penggunaan perangkat lunak open source, seluruh industri open source mampu berfungsi untuk mempercepat laju peningkatan inovasi yang menggunakan cloud computing.

http://www.wikinvest.com/concept/Cloud_Computing#Applications
http://en.wikipedia.org/wiki/Utility_computing
http://www.pcmag.com/article2/0,2817,2372163,00.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Software_as_a_service


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel CLOUD COMPUTING ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 13 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan CLOUD COMPUTING
 

0 komentar:

Posting Komentar